Manfaat Internet Dalam Bidang Pemerintah ,pendidikan ,Ekonomi & UKM ,Kesehatan/Kedokteran

17.24 Ari Weda 0 Comments

Kegunaan Internet di bidang Pemerintahan

internet telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi perorangan, organisasi, perusahaan, dan instansi pemerintah. Di dalam bidang pemerintahan, internet digunakan pemerintah untuk membuat sistem informasi yang bermanfaat mempermudah tugas-tugas pemerintah. Berikut beberapa manfaat internet di bidang pemerintahan.

1. Menjadi Media Informasi Resmi
Internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk digunakan dalam menyampaikan informasi. Pemerintah dapat menyampaikan informasi resmi di website yang dikelola oleh instansi pemerintah.

2. Menjadi Media Kampanye Pemerintah
Internet dapat digunakan untuk membantu pemerintah dalam melakukan kampanye secara nasional. Melalui internet pemerintah dapat mengajak masyarakat untuk mendukung program pemerintah seperti program keluarga berencana, penerapan pola hidup sehat, peningkatan kesadaran hukum, dan lain sebagainya.

3. Memudahkan Penyampaian Aspirasi Masyarakat
Banyak instansi pemerintah yang menyediakan website dengan fasilitas pengaduan, usul, saran, dan aspirasi masyarakat lainnya.

4. Mempermudah Masyarakat Mendapatkan Akses Pelayanan Publik
Internet memudahkan masyarakat untuk mengakses website pemerintah dalam rangka mendapatkan informasi dan mendapatkan layanan dari tempat yang terpencil sekalipun selama tersedia akses internet.

5. Memudahkan Sistem Administrasi
Internet menyediakan fasilitas pengiriman dan pengelolaan data secara online sehingga mempermudah dan menyeragamkan sistem administrasi antar instansi pemerintah. Hal ini mempercepat proses administrasi pelaporan, kepegawaian, keuangan, dan lain sebagainya.

6. Menghemat Biaya Operasional
Setiap cabang instansi pemerintah di daerah harus memberikan laporan ke instansi pusat secara berkala. Demikian pula instansi pusat selalu memberikan informasi dan instruksi kepada cabang instansi di daerah-daerah. Internet memungkinkan penyampaian informasi antar instansi pemerintah dilakukan secara online sehingga menghemat biaya opersional dibandingkan jika harus disampaikan secara tertulis atau melalui pertemuan tatap muka.

7. Menjadi Media Promosi
Internet sangat membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan potensi derahnya baik pada tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, maupun propinsi. Hal ini akan membantu mengenalkan berbagai potensi daerah seperti potensi bisnis, budaya, wisata, kuliner, pertanian, dan lain sebagainya.

8. Mendukung Keterbukaan Informasi
Internet menyediakan informasi yang mudah diakses oleh masyarakat. Hal ini bermanfaat mendukung transparansi informasi yang semestinya diketahui masyarakat luas misalnya mengenai mengelolaan dana bantuan sosial, rencana pembangunan suatu wilayah, pemilihan rekanan dalam pengadaan barang dan jasa oleh instansi pemerintah, dan lain sebagainya.

9. Mengundang Partisipasi Masyarakat
Internet dapat menjadi media yang efektif bagi pemerintah dalam mengundang partisipasi masyarakat untuk berbagai keperluan seperti merekrut relawan, menyelenggarakan survey, bekerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan lain sebagainya.

10. Mempermudah Koordinasi Kegiatan
Koordinasi kegiatan dalam sebuah instansi pemerintah biasanya dilakukan melalui rapat koordinasi. Dengan adanya internet seorang atasan dapat memberikan instruksi (perintah) kepada para staf melalui sistem administrasi elektronik dengan memanfaatkan internet. Demikian pula sebaliknya para staf dapat meminta surat tugas atau memberikan laporan kepada atasan tanpa harus bertemu secara langsung.

Manfaat internet dalam dunia pendidikan
   Seperti yang kita ketahui bahwa internet adalah singkatan dari *Inter Connected Network* yang banyak digunakan sebagai alat untuk mencari informasi,berkomunikasi, dan untuk  jejaring sosial. Tetapi bukan berarti internet tidak memiliki manfaat di dalam dunia pendidikan. Jika dikaji, sangatlah banyak maanfaat internet dalam dunia pendidikan, antara lain :

1.    Mencari informasi
Dengan internet kita dapat mencari informasi tentang berbagai hal didunia
pendidikan,seperti perubahan kurikulum disetiap tahunnya,berbagai contoh
dan cara mengerjakan soal ulangan maupun UN untuk semua bidang studi.

2.    Berkomunikasi / Jejaring sosial
Kita dapat berkomunikasi dengan orang di berbagai pelosok dunia,melalui
jejaring social seperti:E-mail,facebook,twitter,dan lain-lain.

3.    Sebagai sarana pembelajaran
Melalui internet kita dapat belajar berbagai hal mulai dari materi yang
dipelajari saat ini disekolah,yang telah berlalu,dan yang belum dipelajari

4.    Sebagai sarana untuk mencari Beasiswa baik diluar maupun didalam
sekolah
Dengan internet kita dapat mendapatkan informasi tentang Beasiswa yang
dikeluarkan oleh Pemerintah disetiap tahun/semester, baik itu diluar
sekolah maupun didalam sekolah.

5.    Internet sebagai sarana pendidikan jarak jauh
Pendidkan jarak jauh artinya kita tidak harus selalu berada disatu tempat
untuk menyelenggarakan pendidikan. Dengan internet kita dapat mengakses
situs Web selama 24 jam sehari, tak peduli dimana pun kita berada.

Kegunaan Internet di dunia Ekonomi, UKM
Beberapa pemanfaatan internet untuk kemajuan bisnis UKM didapatkan untuk kemajuan bisnis UKM diantaranya:
  1. Internet dapat membantu peningkatan aktivitas bisnis produk dan jasa.
  2. Internet dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran online.
  3. Interaksi dengan internet jelas dan mudah dimengerti.
  4. Pengguna dapat menguasai dan menggunakan internet dalam waktu yang relatif singkat.
  5. Internet dapat membantu mencari sebanyak-banyaknya informasi yang dibutuhkan.
  6. Internet dapat memudahkan dalam pencarian informasi lebih cepat.
  7. Internet dapat membantu mencari informasi secara tepat dan akurat.
  8. Peningkatan jumlah rekan bisnis/mitra yang dimiliki oleh UKM setelah menggunakan internet.
  9. Peningkatan jumlah pesanan yang diterima setelah menggunakan internet.
  10. Peningkatan jumlah produksi setelah menggunakan internet.
  11. Peningkatan pendapatan (omzet) yang diperoleh UKM setelah menggunakan internet.
  12. Peningkatan profit yang diperoleh UKM setelah menggunakan internet.
  13. Peningkatan skala bisnis yang dialami UKM setelah menggunakan internet.

Manfaat Internet di Bidang Kesehatan/Kedokteran
Manfaat Internet dalam kehidupan kita sehari-hari sangat lah banyak. Salah satu nya kita akan membahas tentang manfaat Internet dalam bidang Kesehatan / kedokteran.

Manfaat-manfaat itu antara lain sbb :
  1. Sebagai Pusat Informasi Kesehatan secara Online
  2. Dapat digunakan sebagai alat pendaftaran Pasien secara Online
  3. Dapat Mendekteksi Gejala-gejala Penyakit
  4. Memudahkan masyarakat dalam Mengetahui Berbagai macam Informasi Tentang Penyakit beserta Obatnya
  5. Memudahkan Masyarakat dalam Mengetahui Segala macam Penyakit beserta Pencegahnya
  6. Dapat mengajarkan masyarakat cara Hidup sehat dengan browsing ke Internat

Manfaat Internet Dalam Dunia Kesehatan
Perkembangan teknologi computer (informasi) yang begitu pesat telah merambah ke berbagai sektor termasuk kesehatan. Meskipun dunia kesehatan (dan medis) merupakan bidang yang bersifat information-intensive, akan tetapi adopsi teknologi komputer relatif tertinggal. Sebagai contoh, ketika transaksi finansial secara elektronik sudah menjadi salah satu prosedur standar dalam dunia perbankan, sebagian besar rumah sakit di Indonesia baru dalam tahap perencanaan pengembangan billing system. Meskipun rumah sakit dikenal sebagai organisasi yang padat modal-padat karya, tetapi investasi teknologi informasi masih merupakan bagian kecil. Di AS, negara yang relatif maju baik dari sisi anggaran kesehatan maupun teknologi informasi komputer, rumah sakit rata-rata hanya menginvestasinya 2% untuk teknologi informasi.
Di sisi yang lain, masyarakat menyadari bahwa teknologi komputer merupakan salah satu tool penting dalam peradaban manusia untuk mengatasi (sebagian) masalah derasnya arus informasi. Teknologi informasi dan komunikasi komputer saat ini adalah bagian penting dalam manajemen informasi. Di dunia medis, dengan perkembangan pengetahuan yang begitu cepat (kurang lebih 750.000 artikel terbaru di jurnal kedokteran dipublikasikan tiap tahun), dokter akan cepat tertinggal jika tidak memanfaatkan berbagai tool untuk mengudapte perkembangan terbaru. Selain memiliki potensi dalam memfilter data dan mengolah menjadi informasi, TI mampu menyimpannya dengan jumlah kapasitas jauh lebih banyak dari cara-cara manual. Konvergensi dengan teknologi komunikasi juga memungkinkan data kesehatan di-share secara mudah dan cepat. Disamping itu, teknologi memiliki karakteristik perkembangan yang sangat cepat. Setiap dua tahun, akan muncul produk baru dengan kemampuan pengolahan yang dua kali lebih cepat dan kapasitas penyimpanan dua kali lebih besar serta berbagai aplikasi inovatif terbaru. Dengan berbagai potensinya ini, adalah naif apabila manajemen informasi kesehatan di rumah sakit tidak memberikan perhatian istimewa. Artikel ini secara khusus akan membahas perkembangan teknologi informasi untuk mendukung manajemen rekam medis secara lebih efektif dan efisien. Tulisan ini akan dimulai dengan berbagai contoh aplikasi teknologi informasi, faktor yang mempengaruhi keberhasilan serta refleksi bagi komunitas rekam medis.
Komputer banyak berperan membantu di dunia kesehatan antara lain :
– adminstrasi
– obat-obatan
– penyakit → diagnostik, terapi, perawatan (monitoring status pasien)
– Penelitian
Pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) komputer, atau yang biasa disebut sebagai e-Health, tengah mendapat banyak perhatian dunia. Terutama disebabkan oleh janji dan peluang bahwa teknologi mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Tulisan ini mencoba mengulas bagaimana sebenarnya e-Health tersebut dan bagaimana implikasi teknologi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.
Pengertian e-Health sendiri secara luas dapat bermakna bidang pengetahuan baru yang merupakan persilangan dari informasi medis, kesehatan public, dan usaha, berkaitan dengan jasa pelayanan dan informasi kesehatan yang dipertukarkan atau ditingkatkan melalui saluran internet dan teknologi berkaitan dengannya (Gunter Eysenbach, J Med Internet Res 2001; 3(2): e20).

Dalam pengertian lebih luas, e-Health dapat diartikan sebagai tidak hanya pengembangan teknologi pelayanan kesehatan, namun juga mencakup pengembangan sikap, perilaku, komitmen, dan tata cara berpikir untuk mengembangkan pelayanan kesehatan

You Might Also Like

0 komentar: